Friday, August 07, 2009

JALAN & JEMBATAN INDONESIA


Jalan dan jembatan Indonesia mamsih sangat banyak kekurangannya, diantaranya adalah:
  1. Jalan yang rusak sebelum waktunya.
  2. Perencanaan Jalan Antar Kota yang di desain tidak sesuai dengan peraturan dari pemerintahan.
  3. Jembatan yang minim akan pengecekan, serta pemeliharaan.
  4. Jalan yang LHR-nya tinggi tidak dapat diperbaiki atau di lapisi lagi dengan baik.
Beberapa contoh kondisi jalan dan jembatan yang saya sampaikan diatas adalah real/ nyata saat ini di kawasan Indonesia.
Kerusakan yang seperti ini sungguh sangat tidak asing lagi bagi kita semuanya. Bahkan yang mengelola proyek jalan dan jembatan bukan merupakan lulusan dari pada Teknik Sipil yang benar2 menguasai ilmu dalam bidang teknik sipil tersebut.
Saya pernah menanyakan pada salah satu pemborong jalan di daerah Sumut. Mengapa mereka membuat jalan seperti itu? katanya jika kita jujur sekali dalam pengelolaan sebuah proyek, maka kita makan apa dek...begitulah kira2 jawaban yang mereka berikan.
Jalan dan juga jembatan yang ada di Indonesia sungguh sangat jauh ketinggalan dengan negara- negara di luar sana. Seperti di Jepang, di sana sudah ada jalan tol yang menembus sebuah dinding bangunan ppencakar langit disana. Dimana para anak Indonesia yang katanya mampu membuat Indonesia ini berkembang sedemikian rupa, dan dapat mengalahkan Teknokrat2 yang di luar sana.

Saya sangat berharap kepada calon Civil Enginering semuanya baik yang sudah mendapatkan gelar ST, Ir, atau lainnya. Gunakanlah Ilmu kalian semuanya untuk mengelola Indonesia ini tercinta. Para Insinyur teknik sipil bukan di lahirkan untuk jadi Caleg dan Capres (intinya yang berarah politikus). Jadi jika anda benar2 pengen masuk teknik sipil, jangan hanya bisa OMDO (Omong Doank). Dan saya juga berharap kepada lulusan jurusan lainnya ikuti aja apa yang kalian pelajari dari kuliah kalian masing2.

Saya beri contoh:
1. Jika ada lulusan Hukum turun kelapangan untuk menjadi seorang contractor maka negara ini akan hancur. Karena orang hukum dilahirkan untuk menjadi pendebat diatas ring hukum, dan kebanyakan oarang hukum hanya bisa ngomong saja.
2. Ekonomi menjadi Kontraktor, ya brabe deh jadinya. Karena di kepala anak ekonomi ini kan cuma uang dan uang. Tanpa uang mereka tidak dapat hidup katanya.

Itulah sebagian kecil masalah di Indonesia dari 2jt masalah yang ada. Dan ini real, kita dapat melihat pada acara2 televisi sekarang ini.

INDONESIA...Jika para penguasa tidak berubah dari sikap keegoisan dan mau menang sendiri...maka jangan harap Indonesia akan berkembang lagi sampai hari kiamat. Karena anak2 Indonesia sekarang ini sudah banyak yang lalai..bahkan anak anda sendiri akan menjadi korban keganasan para penguasa yang memperebutkan harta negara.

Wahai Penguasa....Anda sudah tua dan bau tanah...BERTAUBATLAH....dan berikan kesempatan untuk membina negara2 ini kepada kami yang masih muda. Agar Pikiran Indonesia tetap mendapatkan Imajinasi yang FRESS.

No comments: