Wednesday, August 05, 2009

CEPAT, AKURAT dan SELALU TEPAT


Zaman sekarang yang penuh dengan teknologi canggih yang dibuat berdasarkan pola pikir anak manusia masa kini sungguh sangat banyak yang berarti. Yang kita lihat pada zaman yang serba teknologi canggih ini seperti orang/ sahabat yang dahulunya terasa sangat jauh dimata dan dengan tulisan (surat) kita dapat mengetahui kabarnya, tapi sekarang walaupun jaraknya ke ujung dunia kita dapat mengetahui bagaimana dengan kabarnya disana.

Begitu juga halnya dengan Ilmu teknik (sains engineer) yang kita peroleh sekarang ini sangat jauh berbeda dengan zaman 90-an kebawah. Seperti:
  1. Dahulu kita mendesain rumah dengan manual/masih memakai meja gambar(meja kerja), tetapi sekarang kita hanya meng-klik program autocad dan dengan mudah kita mencetak gambarnya.
  2. Dulu kita hanya mengetahui rangka atap itu terbuat dari kayu, tetapi sekarang kita banyak menggunakan baja ringan.
  3. Dulu kita mendeteksi kemacetan jalan hanya dengan manual yaitu dengan mencatat kenderaan lewat perhari. sedangkan sekarang, kita bisa mendeteksi kemacetan dengan 1 camera CCTV saja.
  4. Dahulu kita mencari beban Balok portal beton bertulang dengan menggunakan rumus matematika yang pencariannya bisa berhari2 lamanya. Tetapi sekarang, kita dapat meng-desainnya hanya dengan menggunakan progam SAP2000 dan program BETON.
  5. Para surveyor tanah dahulu menggunakan meteran dan selang air untuk mengetahui berapa jarak dan beda tinggi tanah, tetapi sekarang kita dapat mengetahui jarak dan beda tinggi tanah dengan sebuah alat yang dinamakan Theodolite dan waterpass dan yang paling update adalah alat theodoliet digital yang pembacaan alatnya lebih cepat.
  6. Dahulu kita mendesain sebuah jalan dengan manual dan membutuhkan 1 bulan atau lebih untuk merancang sebuah jalan saja, tetapi sekarang telah ada program yang bernama Autocad Land Desktop yang dapat merancang jalan dengan cepat mudah dan keakuratannya hanya beda tipis saja.
Para Teknokrat Indonesia bangkitlah, Negara kita masih berkembang. Kita sebagai penerus bangsa harus selalu update dalam informasi. Ilmu memang mahal, tapi jangan segan2 untuk mencari ilmu. Koneksi internet sekarang sudah semakin luas, jangan anda hanya membuaka wabsite bugil, telanjang, atau yang tidak penting2. Apalagi seharian hanya digunakan untuk catting ama teman2. Tetapi gunakanlah Fasilitas yang ada ini untuk mencari ilmu anda, cuma 3000rupiah kok perjam jika anda online terus di internet...(masak uang 3rb perak gak ada, kalau gak ada gak usah aja kuliah cuy...langsung kerja lebih baik).

Mahalnya ilmu teknik sipil tidak jauh beda dengan kedokteran. Bedanya hanya kalau kedokteran mendoakan orang sakit terus...:-) tetapi kalau di Teknik Sipil khususnya dan Jurusan TEKNIK umumnya mendoakan orang terus maju dan berkembang agar pembangunan INDONESIA terus berjalan dan dapat mengalahkan negeri Jepang serta negara2 lain yang bangunannya
menakjubkan jika kita melihatnya.

Untuk itu kepada
engineer muda se-Indonesia. Jadilah selalu engineer yang benar2 jujur dan tidak pernah korupsi, nepotisme boleh2 aja asal orang yang kita rekrut memang orang2 pintar dan pilihan kita sendiri. Jangan seperti para kontraktor, konsultan yang sudah dahulu sebelum kita yang tahunya hanya memakan uang negara kita INDONESIA. di RAB (Rancangan Anggaran Biaya) kan sudah ada gaji atau upah yang telah kita peroleh. Satu mobil Mercy kan sudah cukup untuk keperluan kita sehari2...ditambah mobil rocky atau taft jika berlebih uangnya beli Troper untuk keperluan kita dalam pelaksanaan sebuah proyek.

"Jika ada yang yang memerlukan jasa surveyor untuk area Medan, Sumatera Utara silahkan saja pada tautan komentar dibawah disertakan nama perusahaan dan no. kontak untuk kami konfirmasi lebih lanjut"

Kami akan segera mengontak anda dan datang ke kantor anda.

Motto Kami :
"if agree to continue. otherwise stop in place"
"Jika setuju lanjutkan. jika tidak berhenti di tempat"

CIVIL COMMUNITY
UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA
NORTH SUMATRA ISLAMIC UNIVERSITY
Jl.Sisingamangaraja, medan, sumatera utara.



No comments: