Friday, December 18, 2009

MEDAN METROPOLITAN

SELAMAT TAHUN BARU HIJRIAH 1431
Bismillahirrahmanirrahim...

Saya akan coba menggambarkan
sisi-sisi terang dan sisi gelap dibeberapa kawasan di Medan City, Indonesia.

Medan adalah sebuah daerah di kawasan indonesia yang mempunyai potensi tinggi da
lam perkembangan bisnis dan juga ekonomi serta sosial dan budaya yang ada didalamnya. Medan merupakan termasuk salah satu kota bisnis terbesar setelah Jakarta. Banyak pembangunan- pembangunan yang sedang digalakkan dikota ini.

Pembangunan yang sedang digalakkan dikota medan ini antara lain adalah Konstruksi Rumah Properti yang kerap dilaksanakan dibeberapa sudut kota medan, ada juga pembangunan jalan tol dan jalan layang yang terus dikembangkan dikota medan ini. Sekarang sedang dilaksanakannya proyek pengerjaan Konstruksi Bandara Kuala Namu sebagai pengganti Bandara Internasional Polonia medan.

Menurut beberapa sumber yang pernah saya temui dan saya wawancarai, rencananya Bandara Polonia akan diganti dengan Lokasi Bisnis Center (ini masih dalam tahap rencana). dibeberapa sudut dekat dengan lokasi Bandara Polonia juga sedang menggarap beberapa proyek konstruksi Rumah dan Toko Properti yang disediakan oleh beberapa Perusahaan Prooperti baik dari Medan sendiri maupun dari luar kota Medan ini.

Perbaikan jalan-jalan lintas maupun jalan-jalan arteri yang ada dikota medan sedang dilaksanakan dengan
semesti rupa. Harapan dari pemerintah, Kota medan ini menjadi kota no. 2 setelah Jakarta nantinya. Akankah semua ini akan terwujud? tentu bisa terwujudkan asalkan saja pemerintah negara R.I tidak lagi memakan uang negara atau uang pembangunan daerah untuk perut mereka masing- masing.

Beberapa Hotel Berbintang telah ada di Pusat kota medan seperti Hotel J.W Marriot serta Cambridge dan Swiss Bell Hotel. dan masih banyak bangunan- bangunan tinggi dan berbintang nantinya. Apakah bangunan-bangunan lama harus dirusakkan? Tidak perlu dirusakkan karena SDM dan SDA di medan sangat lah lengkap dan mudah sekali didapat mengingat kota ini merupakan kota terbesar dan pusat bisnis, jadi bangunan lama itu hanya perlu renovasi ulang agar kekuatan dan ketahanan bangunannya tetap terjaga. dan beberapa model rumah yang sudah ketinggalan zaman sebaiknya segera dilakukan renovasi. karena mengingat nantinya akan ada bangunan-bangunan baru yang akan mengalahkan bangunan mereka.

B
eberapa bangunan seperti SUN PLAZA, MILLENIUM PLAZA, dan juga Plaza2 lainnya yang berada dan sudah lama sekali berdiri di kota medan sebaiknya melakukan Renovasi dengan memanggil Team2 Survey yang handal (anak2 sipil UISU, juga bisa survey kok....sambilan promosi.....hehehehehe). Karena Medan sudah bolak- balik dilanda gempa akibat gempa Atjeh dan juga gempa nias dulunya dan juga beberapa gempa kecil yang kerap mengenai kota medan ini. Makanya usul dari teman2 yang berada di Teknik Sipil dimanapun agar ada Survey ulang terhadap beberapa bangunan yang ada di Medan agar jika terjadi bencana kelak dapat meminimkan kerusakan nantinya.

Kota medan yang terkenal dengan kota premanisme kini sudah jarang kita lihat. Bahkan dulun
ya beberapa simpang dikota medan ada perampoknya kini perampok sudah jarang kita lihat. Itu semuanya karena di medan ada HIGH WAY PATROL dari kepolisian kota Medan ini sendiri. Hanya saja dibeberapa Proyek yang sedang berlangsung dikota Medan banyak preman2 yang tak jelas yang mengatas namakan PS (Preman Setempat) yang meminta uang kepada para kontraktor2 yang sedang melaksanakan tugasnya. Tetapi menurut saya pribadi, Jika PS(Preman Setempat) meminta uang kepada para kontraktor itu wajar adanya. Karena, pada saat malam hari. Semen, Besi dan beberapa alat berat berada dilokasi proyek...dan PS (Preman Setempat) lah yang menjaganya agar tidak dicuri oleh orang lain. Jika PS (Preman Setempat) meminta dalam jumlah yang wajar, ya diberikan saja lah. Karena itu adalah Hak mereka sebagai pemilik tempat tersebut.

Pembangunan-pembangunan lokasi pariwisata juga kerap dibangun di tempat-tempat yang indah baik dikota medan itu sendiri atau didaerah-daerah Sumatera Utara. Beberapa langkah lagi untuk menjadikan kota medan ini menjadi kota terbesar setelah Jakarta akan segera rampung dan terlaksana berkat masyarakat-masyarakat kota medan yang senantiasa membayar pajaknya tepat pada waktunya. dan juga kami sebagai masyarakat mempercayakan uang kami itu kepada pemerintah agar segera pembangunan kota medan benar-benar dilaksanakan dengan setulus hati dengan tidak mementingkan perut sendiri.

Dalam beberapa hari belakangan ini banyak pedagang-pedagang liar dipinggir jalan kota medan di eksekusi oleh PEMDA kota medan. Itu merupakan hal yang biasa, karena kita sudah melihat dinegara- negara maju seperti Malaysia, Jepang dan beberapa negara lainnya tidak ada pedagang2 yang berjualan di sepanjang pinggiran jalan kota medan. Itu wajar, mengingat keindahan dan ketertiban kota medan ini yang dulunya sangat lah hancur dan tidak adanya ketegasan dari pemerindah yang dahulu. Sekarang k
ota medan tampak lebih luas, tampak indah dan tertib dengan tidak adanya pedagan-pedagang liar yang berdagang di pinggiran jalan kota Medan ini. Lokalisasi untuk para pedagang juga telah disiapkan sementara ini di jalan Ring Road.

Dari jabaran yang kami ungkapkan diatas, sisi gelap dari kota medan pun kini meningkat dengan banyaknya dibuat tempat hiburan malam seperti Cafe Remang-remang, Diskotik, PUB, dan juga Live Music yang banyak dikunjungi oleh para-para ABG (Anak Baru Gede) yang masih tingkat sekolahnya sangat rendah yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan juga mereka akan siap menemani Om-om gatal yang ingin menikmati hiburan kota medan. Bahkan, Tante-tante yang ditinggalkan oleh suaminya untuk bisnis ke luar kota juga kerap melangkah ke daerah hiburan malam tersebut. Ini terbukti dengan tragedi terbakarnya M-CITY yang merenggut 20jiwa dan didominasi oleh para ABG-ABG muda.


Disepanjang jalan Sudirman dan Gajah Mada, juga
banyak yang menjajani tubuh mereka untuk sejumlah uang untuk menghidupi keluarganya sehari-hari. serta Para SILUMAN (Becong, Banci, Pria yang ecek2 jadi wanita) pun kerap menghiasi kota medan ini pada malam hari. Begitulah kehidupan ini....deritanya tiada akhir.

Hidup di kota Besar seperti Medan ini sangat lah dekat dengan yang namanya KR
IMINAL. Tapi, ini semuanya tergantung niat kita sebagai manusia. Jika kita tidak melakukan kesalahan kenapa harus takut untuk merantau ke daerah yang penuh investasi seperti medan ini.

Itulah....Segelintir cerita-cerita tentang Kota Medan yang akan dijadikan Pusat Bisnis terbesar di INDONESIA.
Jika ada masukan untuk kota MEDAN ini silahkan di tulis pada kolom komentar dibawah ini.

Tapi.....Dimalam TAHUN BARU ISLAM (Hijriah) tepat pada malam ini....Medan sepi..Tapi di Malam Tahun Baru Masehi 2010 nantinya tanggal 1 januari nanti Medan pasti rame dipenuhi oleh masyarakat Medan maupun luar kota Medan. Mungkin umat Islam dikota Medan sedang mengaji dan berdoa agar Umat Islam di awal Tahun Baru Islam nantinya akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Amieeeennnnn,.....

SELAMAT TAHUN BARU HIJRIAH 1431

Wallahualambissawaf....
Wassalam,

SALAM TEKNIK SIPIL UNTUK INDONESIA

No comments: