Sunday, November 18, 2012

Mengenal KONTRAKTOR dan SUB KONTRAKTOR (Bag.1)

Oke Teman-teman semua seluruh Indonesia. Setelah sekian lama kami tidak meng-update blog, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas kembali apa yang disebut dengan KONTRAKTOR serta SUB-KONTRAKTOR.
Untuk yang pertama kita akan membahas apa yg disebut dengan KONTRAKTOR.
PENGERTIAN KONTRAKTOR 

  1. Pengertian Kontraktor, Kontraktor adalah perusahaan yang melakukan kontrak kerja dengan orang atau pemerintah atau perusahaan lain untuk memasok barang atau menyelesaikan jasa tertentu. Bidang kerjanya mungkin pembangunan gedung, pembuatan jalan raya, pembangunan instalasi listrik, dan penyediaan ribuan generator. Dalam prakteknya, sebuah perusahaan kontraktor tidak menyelesaikan pekerjaan proyek tersebut secara sendirian. Bahkan, bila nilai proyeknya besar, kontraktor tersebut mencari puluhan atau ratusan kontraktor lain untuk menyelesaikan proyek. Ringkasnya, perusahaan tersebut mensubkontrakkan pekerjaan ke perusahaan-perusahaan lain. 
  2. Pengertian Kontraktor Secara Umum, Kontraktor atau yang juga dikenal dengan istilah Penyedia Jasa Konstruksi, merupakan salah satu bidang usaha yang memberikan jasa pelaksanaan dalam bidang pembangunan. Disebagian masyarakat istilah "kontraktor" lebih lekat dengan usaha "Jasa Pemborongan Bangunan" atau diartikan orang atau badan usaha yang melayani pengerjaan konstruksi bangungan dengan sistem pembayaran "borongan" atau satu paket pekerjaan bukan harian.
JENIS PEKERJAAN YANG SERING DITANGANI OLEH KONTRAKTOR

Jenis usaha yang dikerjakan oleh kontraktor bisa sangat bermacam-macam. Menurut Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), badan usaha jenis Jasa Pelaksana Konstruksi dapat dibagi menjadi 6 (enam) bidang, antara lain :

  1. Arsitektur,
  2. Elektrikal,
  3. Mekanikal,
  4. Pekerjaan Terintegrasi,
  5. Sipil,
  6. Tata Lingkungan
  7. dan lain-lain
Bisnis Kontraktor merupakan bisnis yang bisa dihitung cukup menggiurkan. Hal ini disebabkan meningkatnya pembangunan baik dari sektor pemerintahan maupun swasta, bisnis perumahan, meningkatnya keinginan orang untuk membangun rumah dengan desain yang berbeda, sedikitnya waktu yang dipunyai oleh klien dikarenakan kesibukan yang cukup padat, dan kecepatan serta efisiensi pembangunan.

Nanti Kita Sambung Lagi ke Bagian 2 nya ya. Malam ini udah ngantuk banget gua...hehehe...:D

 Sumber:
Adam Nugraha Wiradhana, H
- Digilip Petra
- Persatuan Insinyur Indonesia

2 comments:

Cv Hato said...

General Contractor HATO, melayani pembuatan dan renovasi rumah, kantor dll, perencanaan dan konsultan bangunan. Kepuasan pelanggan karena fleksibilitas dalam perencanaan dan pelaksanaan harga yang kompetitif dengan tidak meninggalkan kualitas adalah tujuan kami.
Kenali kami lebih jauh dengan mengunjungi http://kontraktorcvhato.blogspot.co.id/ ...terimakasih - CV HATO

Arven said...

Penyedia da. Distributor pipa kunjungi www.pipawavin.info